Home » » Boleh Tidak Naik Gunung Pakai Motor Matic ?

Boleh Tidak Naik Gunung Pakai Motor Matic ?

Ilustrasi Berbagai Merek Motor Matic (Istw)
Bogor (OtOBogor) - Banyak  orang yang memakai motor matic, saat liburan ke daerah pegunungan; bahkan berboncengan lebih dari 2 orang, karena bersama istir dan anak-anak.

Dari data yang ada, sudah banyak yang menjadi korban kecelakaan, bahkan hingga meninggal dunia, dikarenakan rem yang blong.

Rem Blong dapat terjadi, jika pengereman yang "Terus Menerus" pada turunan yang panjang, dengan beban yang berat (seperti berpenumpang banyak). Hal ini mengakibatkan piringan cakram depan, dan kampas rem belakang panas, sehingga minyak rem di dalam caliper brake mendidih, yang pada akhirnya menimbulkan gelembung di dalam minyak rem tersebut.

Gelembung udara yang ada di dalam sistem rem hidrolis sangat berbahaya, karena udara tidak dapat dikompresi/menyusut ketika ditekan, yang mengakibatkan tuas rem terasa ringan/nyeplos, dan daya pengereman hilang.

Kasus seringnya rem blong yang terjadi pada motor Matic, dikarenakan tidak memiliki gigi rendah, guna melakukan rem mesin.

Untuk menghindari hal tersebut:
  • Sering-sering menepi, dan berhenti, sambil mematikan mesin, untuk mendinginkan REM.
  • Bawalah botol air, atau sprayer, tunggu hingga rem tidak terlalu panas, lalu siramkan/semprotkan air pada caliper brake, kampas & cakram sebelum/sesudah melewati turunan curam atau panjang.

Thanks for reading & sharing OTO BOGOR

Newest
You are reading the newest post

OtO Bogor

Populer